Ligina Sportindo

Football Officials - Agents Licensed by the Federation of International Football Associations (FIFA)

Profile

....///

22 January 2009

Leo Chitescu resmi Gantikan Benson




MALANG - Nama Leo Chitescu akhirnya tertera dalam daftar pemain Arema untuk putaran kedua Indonesia Super League (ISL) nanti. Pemain asal Rumania tersebut sudah resmi berkostum Singo Edan untuk 6 bulan ke depan setelah membubuhkan tanda tangan kontrak di kantor Arema sekitar pukul 11.00, kemarin.

Masuknya Leo dalam daftar pemain Arema bisa dibilang cukup mengejutkan. Sebab, sebelumnya nama mantan pemain Persib Bandung tersebut sudah dicoret saat mengikuti seleksi di Arema pada pertengahan Desember 2008 lalu. Apalagi, jelas pelatih Arema Gusnul Yakin, Leo dicoret karena tipikal permainannya nyaris sama dengan Souleymane Traore.

Yakni mempunyai kelebihan dalam menyerang, namun lemah saat bertahan. Sebenarnya, untuk posisi playmaker, mantan pelatih Persiter Ternate tersebut menginginkan Mathias Chago, Danilo Fernando, atau Cristian 'Chiko' Olivares. Hanya saja, untuk mendapatkan Chago dan Danilo, Arema terbendung dengan masalah harga. Sedangkan untuk mendapatkan Chiko, Arema tersandung dengan status pemain asal Cile tersebut. Chiko pada musim sebelumnya hanya bermain di klub amatir di Cile.

Nama Leo juga sebenarnya diragukan. Sebab, pasca memperkuat Persib pada 2007 lalu, Leo sempat menganggur karena tak mendapatkan klub.

Sehingga dikhawatirkan feeling ball dan fisiknya kurang memadai.Namun, karena Arema tak kunjung juga mendapatkan jenderal lapangan yang berkualiatas, Leo dipanggil kembali oleh Gusnul untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Esaiah Pello Benson.

Asisten manajer Arema Muhammad Taufan mengatakan, Leo dikontrak manajemen karena sudah ada lampu hijau dari Gusnul. "Semua pemain Arema yang teken kontrak merupakan hasil rekomendasi pelatih, kemudian ditindaklanjuti oleh manajemen. Nama Leo juga direkomendasikan pelatih," ucap Taufan.Selama memperkuat Arema, pemain yang pernah memperkuat PSM Makassar tersebut tak mendapatkan fasilitas rumah dan mobil seperti pemain asing lainnya. "Leo akan tinggal di mess," tambahnya.

Untuk mendapatkan Leo, kabarnya Arema mengeluarkan dana sekitar Rp 200 juta untuk biaya kontrak. Sedangkan untuk nilai transfer, Arema tak dikenakan biaya. Sebab, Leo tak mempunyai klub setelah meninggalkan Persib.Karena sudah resmi berkostum Arema, hari ini Leo juga akan diajak untuk mengikuti training centre (TC) di Bali hingga 11 Januari mendatang.

Sementara Eddy Syahputra, agen Leo yang berada di bawah bendera Ligina Sportindo mengatakan, untuk harga kontrak, Leo bisa dibilang murah. "Nilai kontraknya harga kekeluargaan. Arema juga tak menyediakan rumah dan mobil, pokoknya murah," ucap Eddy.Menurut Eddy, pemainnya tak perlu mendapatkan verifikasi.

Sebab, dia tak bermain di klub asing. Pemain asing yang perlu mendapatkan verifikasi adalah pemain yang bermain di tim asing. Ada dua verifikasi yang wajib dipenuhinya. Yakni tim lama pemain itu harus lolos verifikasi. Selain itu, pemain yang bersangkutan juga harus 80 persen bermain di klub lamanya."Untuk Leo tak perlu. Karena dia tak memperkuat klub luar negeri," jelas Eddy. (fir/abm)
Sumber : Jawa Pos , 11 Januari 2009

No comments:

Post a Comment